Membuat Game Sulap Menggunakan Pascal - Ini adalah game sulap yang bisa menebak angka yang anda pilih tanpa anda harus memberitahukannya kedalam program, anda akan kaget jika ternyata program ini dapat menebak berapa angka yang anda pilih anda tinggal menjawab ya atau tidak dengan menekan tombol Y/T. ini adalah game yang dibuat dengan bahsa pemrograman sederhana pascal untuk lebih jelasnya silahkan lihat script dibawah ini.
PROGRAM SULAPANGKA; USES CRT; VAR I, J, K, L: INTEGER; YT: CHAR; NILAI:INTEGER; FUNCTION CSTR(I: INTEGER): STRING; VAR S: STRING[11]; BEGIN STR(I, S); CSTR := S; END; PROCEDURE TULIS(POSISI:INTEGER; TEKS:STRING); VAR A, B, C: INTEGER; BEGIN A := POSISI; B := POSISI MOD 10; C := 1; IF B = 0 THEN BEGIN B := 10;C := 0; END; GOTOXY(B * 8 - 5, (A DIV 10 + C) * 3 + 1); WRITE(TEKS); END; PROCEDURE BIKIN_KOTAK(KOLOM, BARIS: INTEGER); BEGIN CLRSCR; FOR I:= 1 TO KOLOM DO BEGIN FOR J := 1 TO BARIS DO BEGIN GOTOXY (J * 8 - 7, (I * 3)); WRITE('____'); GOTOXY (J * 8 - 7, (I * 3 + 1)); WRITE('| |'); GOTOXY (J * 8 - 7, (I * 3 + 2)); WRITE('____'); END; END; END; PROCEDURE WIZARD7; BEGIN CLRSCR; WRITELN('ANGKA YANG ANDA PILIH = ', NILAI); WRITELN; WRITE('INGIN MENGULANG (Y/ESC.)? ');READKEY; YT := READKEY; END; PROCEDURE WIZARD6; BEGIN BIKIN_KOTAK(2, 10); FOR I := 1 TO 19 DO TULIS(I, CSTR(I + 31)); GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) '); REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27]; IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 32; WIZARD7; {===============================} END; PROCEDURE WIZARD5; BEGIN BIKIN_KOTAK(2, 10); FOR I := 1 TO 16 DO TULIS(I, CSTR(I + 15)); FOR J := 17 TO 19 DO TULIS (J, CSTR(J + 31)); GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) '); REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27]; {===============================} IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 16; WIZARD6; END; PROCEDURE WIZARD4; BEGIN BIKIN_KOTAK(3, 10); FOR J := 0 TO 2 DO FOR I := 1 TO 8 DO TULIS(J * 8 + I, CSTR(J * 16 + I + 7)); GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) '); REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27]; IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 8; WIZARD5; {===============================} END; PROCEDURE WIZARD3; BEGIN BIKIN_KOTAK(3, 10); FOR J := 0 TO 5 DO FOR I := 1 TO 4 DO TULIS(J * 4 + I, CSTR(J * 8 + I + 3)); GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) '); REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T']; IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 4; WIZARD4; {===============================} END; PROCEDURE WIZARD2; BEGIN BIKIN_KOTAK(3, 10); J:=0; FOR J := 0 TO 12 DO FOR I := 1 TO 2 DO TULIS(J * 2 + I, CSTR(J * 4 + I + 1)); GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) '); REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27]; IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := NILAI + 2; WIZARD3; {===============================} END; PROCEDURE WIZARD1; BEGIN BIKIN_KOTAK(3, 10); L:= 1; REPEAT TULIS ((L + 1) DIV 2,CSTR(L)); L:= L + 2; UNTIL L > 50; GOTOXY (5, 15); WRITE('APAKAH ANGKA YANG ANDA PILIH', ' ADA PADA DERETAN ANGKA DI ATAS (Y/T) '); REPEAT YT := READKEY; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27]; IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN NILAI := 1; WIZARD2; {===============================} END; PROCEDURE TULIS_NOMOR; BEGIN BIKIN_KOTAK(5, 10); FOR K:= 1 TO 50 DO TULIS(K, CSTR(K)); GOTOXY(1, 20); WRITE ('PILIH SEBUAH ANGKA, ', 'TEKAN: Y, KALO MAU TERUS! '); WRITE ('TEKAN ESC UNTUK KELUAR '); REPEAT YT := READKEY; IF UPCASE(YT) = 'Y' THEN BEGIN NILAI := 0; WIZARD1; END; UNTIL YT IN ['y', 'Y', 't', 'T', #27]; {===============================} END; (* Program Utama *) BEGIN CLRSCR; TEXTATTR := $1F; REPEAT TULIS_NOMOR; UNTIL YT = #27; END.
Anda bisa copy paste tersebut kedalam program pascal anda lalu jalankan.
Baca juga : Program Koversi dari Desimal ke Biner
Game Sulap Menggunakan Pascal anda sekarang sudah selesai, baca juga tutorial program pascal lainnya.
Belum bisa di run gan, ada kesalahan di sini :
ReplyDeleteTEXTATTR := $1F;
bisa kok gan,,,
ReplyDeletesaya coba barusan scriptnya baik" saja,,,
coba cek kembali mungkin ada kesalahan penulisan,,,
haha... falah kurawa bener ane juga ga keruning tuh..
ReplyDeletecompilernya pda pke ap nih,,,
ReplyDeletedsni sya pke turbo pascal jalan" aj,,,
heheehheeh
ceugud dh,,,
aku bingung,maksud gamenya gan
ReplyDeletemaksud gamenya apa gan..?
mohon penjelasan
game sulap tebak angka gan, agan pertama pilih angka kemudian nanti di munculkan sekumpulan angka, apakah angka agan ada di dalamnya, terus berulang sampe akhirnya angka yang agan pilih ketebak.
Deletesekalian sama flowchartnya dong min
ReplyDeleteGame yang lain yang lebih menarik ada gan
ReplyDelete