Tutorial Belajar Pemrograman, membuat game, membuat aplikasi, membuat program, android, game maker, yii, php, CSS, HTML, java, javascript, codeigniter, jquery, Pascal, c++

Saturday, April 25, 2015

Tipe Data Nilai Integer di C#C# mendefinisikan sembilan tipe integer : char, byte, sbye, short, ushort, int, unit, long dan ulong. Tetapi secara umum char digunakan untuk merepresentasikan karakter, untuk kali ini tidak akan di bahas akan kita bahas di artikel selanjutnya. Delapan tipe integer lainnya secara umum digunakan untuk perhitungan nuerik. Untuk ukuran lebar-bidang dan rentang dari kedelapan tipe tersebut dapat dilihat di tabel di bawah ini :

Tipe
Lebar dalam Bit
Rentang Nilai
byte 8 0 -- 225
sbyte 8 -128 -- 127
short 16 -32,768 -- 32,767
ushort 16 0 -- 65,535
int 32 -2,147,483,648 -- 2,147,483,647
unit 32 0 -- 4,294,967,295
long 64 -9,223,372,036,854,775,808 -- 9,223,372,036,854,775,807
ulong 64 0 -- 18,446,744,073,709,551,615

Seperti yang terlihat pada tabel di atas, C# mendefinisikan versi bertanda dan tidak bertanda dari berbagai tipe integer, perbedaanya terdapat pada bagaimana bit paling signifikan diinterpresentasikan. Jika integer bertanda dipesefikasi maka kompiler c# akan menghasilkan kode yang mengasumsikan bahwa bit paling signifikan dari suatu integer dipakai sebagai flag. Jika flag adalah 0 maka angka tersebut adalah positif dan jika flag adalah 1 maka angka tersebut adalah negatif. Angka negatif direpresentasikan menggunakan pendekatan komplemen dua. Dengan metode ini, semua bit dalam angka negatif dinalik, kemudian ditambahkan 1. Intinya bertanda atau tidak bertanda ini jika bertanda maka dia terdapat negatif sedangkan jika tidak maka tidak ada nilai negatif. Akan tetapi integer tak-bertanda memiliki rentang nilai positif lebih tinggi dari yang bertanda.

Buat Sebuah Project Program C# Baru

Buatlah sebuah project C# baru dengan nama belajar_integer. Jika anda belum pernah membuat project sebelumnya baca di sini untuk melihat software dan langkah -langkah pembuatan projectnya : Program C# Sederhana

Buatlah sebuah kode file dengan nama main_integer.cs dengan isi script sebagai berikut :

/* Belajar pemrograman c# dengan 
Jin Toples Programming */

using System;

class main_integer{
    static void Main(){
        byte x;
        int jum;
        long inci, mile;
        
        jum = 0;

        //perualangan untuk menjumlahkan nilai jum
        for (x = 1; x <= 10; x++)
        {
            jum = jum + x;
            Console.WriteLine(jum);
        }

        Console.WriteLine("Penjumlahan dari 0-10 adalah " + jum);

        mile = 93000000; // jarak ke matahari dalam mile

        // 5,280 kaki dalam satu mile, 12 inci dalam satu kaki
        inci = mile * 5280 * 12;

        Console.WriteLine("Jarak ke matahari : " + inci + " inci.");

        Console.ReadKey();
    }
}

Byte kita gunakan unutk X karena kita hanya memerukan nilai 0 s/d 10 di perulangan sehingga kita tidak perlu membuang - buang memori dengan menggunakan int.

Int kita gunakan untuk jum karena nilainya lebih besar dari yang di tampung oleh Byte. Secara umum juga nanti kita akan sering menggunakan int.

Long digunakan untuk mile dan inci karena int tidak cukup untuk menampung nilainya. Coba anda ganti dengan int dan perhatikan perbedaanya.

Jalankan program anda dengan cara klik Debug > Start Debuging atau tekan F5 pada keyboard.

Tipe Data Nilai Integer di C#

Program Integer C# anda sekarang sudah selesai, baca juga tutorial C# lainnya.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

0 komentar

:) :) :-) :-) :)) :)) =)) =)) :( :( :-( :-( :(( :(( :d :d :-d :-d @-) @-) :p :p :o :o :>) :>) (o) (o) [-( [-( :-? :-? (p) (p) :-s :-s (m) (m) 8-) 8-) :-t :-t :-b :-b b-( b-( :-# :-# =p~ =p~ :-$ :-$ (b) (b) (f) (f) x-) x-) (k) (k) (h) (h) (c) (c) cheer cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0