Tutorial Belajar Pemrograman, membuat game, membuat aplikasi, membuat program, android, game maker, yii, php, CSS, HTML, java, javascript, codeigniter, jquery, Pascal, c++

Friday, April 24, 2015

Tipe Data Di C#

Tipe data adalah salah satu bagian terpenting dalam program karena semua operasi diperiksa oleh kompiler tentang kompabilitas tipenya. Hal ini mendukung kehandalam dalam pencegahan error, semua variabel, ekspresi, dan nilai harus memiliki sebuah tipe data. Tipe data suatu variabel menentukan operasi apa saja yang diizinkan untuk diterapkan pada nilai variabel.

Dalam C# terdapat dua ketegori umum dari tipe data built-in: tipe nilai dan tipe refrensi. Perbedaanya terdapat pada apa yang dimuat oleh suatu variabel. Untuk tipe nilai, variabel dapat menampung suatu nilai, seperti 3.14 atau 212. Untuk tipe refrensi, variabel dapat memuat refrensi ke sebuah nilai atau yang paling umum di pakai adalah kelas. Untuk kali ini kita akan membahas tipe nilai terlebih dahulu.

Tipe
Arti
bool merepresentasikan nilai true/false
byte Integer tak-bertanda 8-bit
char Karakter
decimal Nilai numerik untuk perhitungan keuangan
double Titik mengambang kepresisian ganda
float Titik mengambang kepresisian tunggal
int Integer
long Long integer
sbyte Integer bertanda 8-bit
short Integer short
unit Integer tak-bertanda
ulong Long tak-bertanda
ushort Short tak-bertanda

Dalam C# terdapat 13 tipe nilai seperti yang dapat dilihat di atas. Secara kolektif, tipe nilai diebut pula dengan tipe sederhana atau tipe primitif karena hanya memuat satu nilai.

Untuk contoh program akan kita bahas di artikel selanjutanya.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

0 komentar

:) :) :-) :-) :)) :)) =)) =)) :( :( :-( :-( :(( :(( :d :d :-d :-d @-) @-) :p :p :o :o :>) :>) (o) (o) [-( [-( :-? :-? (p) (p) :-s :-s (m) (m) 8-) 8-) :-t :-t :-b :-b b-( b-( :-# :-# =p~ =p~ :-$ :-$ (b) (b) (f) (f) x-) x-) (k) (k) (h) (h) (c) (c) cheer cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0