Tutorial Belajar Pemrograman, membuat game, membuat aplikasi, membuat program, android, game maker, yii, php, CSS, HTML, java, javascript, codeigniter, jquery, Pascal, c++

Monday, November 18, 2013

Database Di Android

Database Di Android - Pada kali ini kita tidak akan membuat Aplikasi Android terlebih dahulu, pada bagian ini kita kan membahas tentang database yang nantinya kita gunakan pada Aplikasi kita selanjutnya. Android juga memiliki fasilitas untuk membuat database yang dikenal dengan SQLite, SQLite adalah salah satu software yang embedded yang sangat popouler, kombinasi SQL interface dan penggunaan memory yang sangat sedikit dengan keceatan yang sangat cepat. SQLite di android termasuk dalam android runtime, sehingga setiap versi dari android dapat membuat database dengan SQLite.

Baca juga : Membuat Aplikasi Android Koneksi Database

Dalam sistem android memiliki beberapa teknik untuk melakukan penyimpanan data. Teknik yang umum digunakan adalah sebagai berikut :

  • Shared Preferences yaitu menyimpan data beberapa nilai ( value ) dalam bentuk group key yang dikenal dengan preferences.
  • Files yaitu menyimpan data dalam file, dapat berupa menulis file atau membaca dari file
  • SQLite Database yaitu penyimpanan data dalam bentuk DATABASES
  • Content Providers yaitu menyimpan data dalam bentuk content providers service

Pada bagian ini kita akan fokus membahas bagian database. tidak ada database yang otomatis disediakan oleh android, jika kita menggunakan SQLite kita harus meng-create database sendiri, mendifinisikan tabelnya, index serta datanya. Untuk membuat dan membuka database yang paling baik adalah menggunakan libraries :

Importandroid.database.sqlite.SQLiteOpenHelper

Yang menyediakan tiga buah metode dalam pengolahan database :

  • Constructor menyediakan representasi versi dari database dan skema database yang kita gunakan
  • onCreate() menyediakan SQLiteDatabase object yang kita gunakan dalam definisi tabel dan inisialisasi data.
  • onUpgrade() menyediakan fasilitas konversi database dari database versi yang lama ke database versi yang baru atau sebaliknya.

Instalasi Di SQLite di Mozilla Firefox

Banyak software Manager SQLite yang bisa diunduh secara gratis, salah satunya adalah SQLite yang addons dengan Mozilla Firefox , dengan cara :

1. Dapatkan SQLite anda disini : http://www.sqlite.org/download.html
2. Atau anda dapat memasanggnya langsung di Mozilla anda dengan klik Add-ons > Cari SQLite pada form search kemudian instal.
3. Anda dapat membuka SQLite anda di mozilla dengan cara klik Web Developer > SQLite Managger. maka tampilannya akan seperti ini :

Database SQLite di android


Disana lah kita gunakan untuk mem-view database kita. cuku sampai disini untuk pembahasan dabase di android, selanjutnya kita akan membuat aplikasi yang di integrasikan ke database kita.

Sumber :  Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan tablet PC Berbasic Android Penerbit Informatika, Bandung, 2012 By : Nazruddin Safaat.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

2 komentar

:) :) :-) :-) :)) :)) =)) =)) :( :( :-( :-( :(( :(( :d :d :-d :-d @-) @-) :p :p :o :o :>) :>) (o) (o) [-( [-( :-? :-? (p) (p) :-s :-s (m) (m) 8-) 8-) :-t :-t :-b :-b b-( b-( :-# :-# =p~ =p~ :-$ :-$ (b) (b) (f) (f) x-) x-) (k) (k) (h) (h) (c) (c) cheer cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0