Membuat Aplikasi Android Codingmaps - Pada artikel sebelumnya Coding Maps Di Android kami sudah menjelaskan tentang Location Based Service ( LBS ) yaitu service yang berfungsi untuk mencari dengan teknologi GPS dan Google's cell-based location. Pada aplikasi android kali ini kita bertujuan mendapatkan nilai dari gps.provider, dalam hal ini nilai gps-nya kita dapatkan dari DDMS, tentunya jika aplikasi ini kita jalankan pada smartphone android asli nilainya akan didapatkan secara real time.
Baca juga : Membuat Aplikasi Android Coding Maps Detail
Baca juga : Membuat Aplikasi Android Coding Maps Detail
A. Buatlah Sebuah Project Android Baru
Sebelum anda memulai membuat project, apa bila anda baru memulai membuat aplikasi android dan belum menginstal software yang diperlukan harap di instal terlebih dahulu, untuk cara penginstalan software yang di butuhkan baca di sini Cara Instalasi Package Untuk Membuat Aplikasi Android.
Untuk langkah - langkah membuat project baru lihat disini Cara Membuat Aplikasi Android
Pertama buatalah sebuah project android baru dengan property :
Project name : codingmaps3
Build target : Android 2.2
Aplication name : codingmaps3
Package name : com.wilis.codingmaps3
Activity : codingmaps3
Min SDK : 8
1.AndroidManifest.xml
Ubahlah isi file AndroidManifest.xml dalam folder root menjadi seperti ini :<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" package="com.wilis.codingmaps3" android:versionCode="1" android:versionName="1.0"> <application android:icon="@drawable/icon" android:label="@string/app_name"> <activity android:name=".codingmaps3" android:label="@string/app_name"> <intent-filter> <action android:name="android.intent.action.MAIN" /> <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" /> </intent-filter> </activity> </application> <uses-sdk android:minSdkVersion="8" /> <uses-permission android:name="android.permission.ACCESS_FINE_LOCATION"/> </manifest>
<uses-permission android:name="android.permission.ACCESS_FINE_LOCATION"/>
2. main.xml
Ubah isi file main.xml dalam direktori res/layout menjadi seperti ini :<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <linearlayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:orientation="vertical" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent" > <textview android:id="@+id/myLocationText" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:text="" /> </LinearLayout>
3. String.xml
Ubahlah isi file String.xml dalam direktori res/values menjadi seperti ini :<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <resources> <string name="hello">Hello</string> <string name="app_name">codingmaps3</string> </resources>
4. Codingmaps3.java
Ubahlah isi file Codingmaps3.java dalam direktori src/com.wilis.codingmaps3 menjadi seperti ini :package com.wilis.codingmaps3; import android.app.Activity; import android.os.Bundle; import android.content.Context; import android.location.Criteria; import android.location.Location; import android.location.LocationListener; import android.location.LocationManager; import android.widget.TextView; public class codingmaps3 extends Activity { /** Called when the activity is first created. */ @Override public void onCreate(Bundle icicle) { super.onCreate(icicle); setContentView(R.layout.main); LocationManager locationManager; locationManager = (LocationManager)getSystemService(Context.LOCATION_SERVICE); Criteria criteria = new Criteria(); criteria.setAccuracy(Criteria.ACCURACY_FINE); criteria.setAltitudeRequired(false); criteria.setBearingRequired(false); criteria.setCostAllowed(true); criteria.setPowerRequirement(Criteria.POWER_LOW); String provider = locationManager.getBestProvider(criteria, true); Location location = locationManager.getLastKnownLocation(provider); updateWithNewLocation(location); locationManager.requestLocationUpdates(provider, 2000, 10, locationListener); } private final LocationListener locationListener = new LocationListener(){ public void onLocationChanged(Location location){ updateWithNewLocation(location); } public void onProviderDisabled(String provider){ updateWithNewLocation(null); } public void onProviderEnabled(String provider){} public void onStatusChanged(String provider, int status, Bundle extras){} }; private void updateWithNewLocation(Location location) { // TODO Auto-generated method stub TextView myLocationText = (TextView)findViewById(R.id.myLocationText); String latLongString; if(location != null){ double lat = location.getLatitude(); double lng = location.getLongitude(); latLongString = "Lat :"+ lat + "\nLong" + lng; }else{ latLongString = "Lokasi Tidak Ditemukan"; } myLocationText.setText("Posisi kamu sekarang adalah ? : \n"+latLongString); } }
klik Run > Run As Android Aplication.
Sekarang ubah nilai lokasi anda di DDMS > Emulator Control, anda dapat menemukannya dengan cara
klik Window > Open Prespective Other > DDMS.
Sekrang ubah niali Longitude dan Latitude dengan nilai baru sesuka anda niali inilah yang kita ibaratkan sebagai posisi kita sekarang dalam maps, pada smarphone android sesungguhnya nilai ini degenerate secara langsung oleh GPS secara real time kemudian klik Send. sekarang lihat aplikasi anda maka nilai posisi anda sekarang akan berubah.
Baiklah cukup sampai disini dahulu Aplikasi Android Codingmaps kita selanjutnya kita akan membuat Aplikasi Codingmaps yang lebih detail dalam mengetahui lokasi dari nilai yang di kirim GPS yaitu terdapat Nama Jalan, Kota dan Negara letak posisi dari koordinat GPS yang diberikan.
Sumber : Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan tablet PC Berbasic Android Penerbit Informatika, Bandung, 2012 By : Nazruddin Safaat.
Aplikasi Android Codingmaps anda sekarang sudah selesai, baca juga tutorial membuat aplikasi android lainnya.
Sumber : Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan tablet PC Berbasic Android Penerbit Informatika, Bandung, 2012 By : Nazruddin Safaat.
Aplikasi Android Codingmaps anda sekarang sudah selesai, baca juga tutorial membuat aplikasi android lainnya.
0 komentar