Tutorial Belajar Pemrograman, membuat game, membuat aplikasi, membuat program, android, game maker, yii, php, CSS, HTML, java, javascript, codeigniter, jquery, Pascal, c++

Saturday, November 23, 2013

Cara Mendapatkan Api Key Google Maps - Pada Aplikasi android selanjutnya kita akan mencoba memanggil Api Google untuk menampilkan maps pada aplikasi kita, akan tetapi dalam aplikasi tersebut kita membutuhkan Api Key Google untuk mendapatkan akses ke Google Maps.
Google Maps merupakan hak cipta Google sercara property, sehingga kita dalam menggunakannya memerlukan adanya perjanjian, Google membuat mekanisme untuk mengakses Google Maps dengan coding aplikasi dengan sebuah kunci yang dikenal dengan API Key, kunci ini dapat kita dapatkan berdasarkan nilai genate otomatis dari SDK Android yang kita instal.

A. Mendapatkan Android certificate SH1 

1. Pertama-tama, kamu harus mendapatkan Android certificate SH1 fingerprint dari debug keystore yang biasanya terdapat di “C:\\Users\<your name>\.android\debug.keystore”

2. Buka command prompt

3. Ketikkan



keytool -list -keystore "C:\\Users\<username>\.android\debug.keystore"


Ketika diminta untuk memasukkan password, kamu bisa mengosongkan saja atau tuliskan “android” sebagai password.



Note: Apabila kamu menggunakan JDK 1.7, command yang harus diketik adalah



keytool -v -list -keystore "C:\\Users\<username>\.android\debug.keystore"

Kemudian pilih yang SHA1 Hash certificate

Cara Mendapatkan Api Key Google Maps

4. Copy paste SHA-1 fingerprint yang telah di-generate. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah membuat API Project pada Google APIs Console.

B. Membuat API Project pada APIs Console

1. Buka Google APIs Console pada browser.

2. Buat proyek baru dengan cara klik Create Project; Console kemudian akan membuat sebuah proyek baru bernama API Project. Kalian bisa mengganti namanya dengan mengklik pada “nama proyek” di halaman selanjutnya.

3. Setelah itu, kalian akan melihat daftar API dan layanan-layanan pada halaman utama. Jika tidak muncul, pilih menu Services pada kotak navigasi di sebelah kiri.

4. Di daftar layanan-layanan, scroll ke bawah hingga kalian melihat tulisan Google Maps Android API v2. Kemudian klik switch di sebelah kirinya sehingga menjadi on.


Sekarang kalian sudah siap mendapatkan Maps API Key.

C. Mendapatkan API Key

Nah, jika langkah-langkah di atas sudah kalian lakukan semua, sekarang saatnya membuat Maps API Key. Untuk Android Maps API v2, adalah mungkin untuk memdapatkan lebih dari satu API Key untuk proyek yang sama.

1. Pada kotak navigasi sebelah kiri, klik API Access.

2. Di halaman selanjutnya, pilih Create New Android Key….

3. Setelah itu akan ada dialog yang muncul, masukkan SHA-1 fingerprint yang tadi sudah kalian dapat, 

4. kemudian tuliskan sebuah titik koma, disambung dengan nama package dari aplikasimu. Contohnya:

BB:0D:AC:74:D3:21:E1:43:67:71:9B:62:91:AF:A1:66:6E:44:5D:75

5. Setelah itu, klik Create. Google APIs Console akan merespon dengan menampilkanKey untuk Android apps (disertai certificates) diikuti dengan API key sepanjang 42 karakter, contohnya seperti berikut:

AIzaSyBdVl-cTICSwYKrZ95SuvNw7dbMuDt1KG0

6. Copy API key tersebut. Nantinya key itu yang digunakan pada aplikasimu.

Sekarang anda sudah mendapatkan API Key anda.  API Key inilah yang akan kita gunakan selanjutnya di Aplikasi Android GoogleMaps kita nanti.

Sumber :  Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan tablet PC Berbasic Android Penerbit Informatika, Bandung, 2012 By : Nazruddin Safaat.

 Api Key Google Maps anda sekarang sudah selesai, baca juga tutorial membuat aplikasi android lainnya.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

1 komentar

:) :) :-) :-) :)) :)) =)) =)) :( :( :-( :-( :(( :(( :d :d :-d :-d @-) @-) :p :p :o :o :>) :>) (o) (o) [-( [-( :-? :-? (p) (p) :-s :-s (m) (m) 8-) 8-) :-t :-t :-b :-b b-( b-( :-# :-# =p~ =p~ :-$ :-$ (b) (b) (f) (f) x-) x-) (k) (k) (h) (h) (c) (c) cheer cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0