Tutorial Belajar Pemrograman, membuat game, membuat aplikasi, membuat program, android, game maker, yii, php, CSS, HTML, java, javascript, codeigniter, jquery, Pascal, c++

Sunday, March 4, 2012

About PHP - PHP adalah bahasa serever-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis. Maksud dari serverside scripting adalah siantaks dan perintah – perintah yang di berikan akan sepenuhnya dijalankan di sever tetapi disertakan pada dokmen HTML. Pembuatan web ini merupakan kombinasi antara PHP dengan HTML sebagai pembangun halaman web. 

Ketika seorang pengguna internet akan membuka suatu situs yang menggunakan script PHP, maka terlebih dahulu serever yang bersangkutan akan memproses semua perintah PHP di server lalu mengirimkan hasilnya dalam format HTML ke web browser pengguna internet tadi. Dengan demikian seorang pengguna internet tidak dapat elihat kode program yang di tulis dalam PHP sehingga keamanan dari halman web menjadi lebih terjamin.

PHP tidak seperti server-side scripting yang lain, PHP merupakan software yang open source (gratis) dan dapat digunakan pada system operasi dan web server apapun. PHP dapat mengirim HTML header, dapat mengeset cookies, mengatur authentication dan redirect users. PHP dapat dikoneksikan dengan beberapa program database, antara lain Oracle, Sybase, mSQL, MySql, Solid, PostgreSQL, Adabas, FilePro, Velocis, dBase, Unix dbm dan semua database ber-interface ODBC.

PHP juga dapat berintegrasi dengan beberapa library exsternal yang bisa membuat dokumen PDF hingga memparse XML. PHP mendukung komunikasi dengan laynan lain melalui protocol IMAP, SNMP, NNTP, POP3 atau HTTP.

Cara untuk menuliskan script PHP, yaitu :
<?php

Script PHP anda

?>

Sebelum anda mulai mempelajari script PHP anda telebih dahulu lakukan proses instalasi PHP, Data base dan web sever pada computer anda. Saya menganjurkan anda menginstal database MySql dan webserver Apache. Langkah – langkah mengistalnya adalah :

1.       Instalasi webserver Apache Klik disini
2.       Instalasi PHP Klik disini
3.       Instalasi MySql Klik disini

Atau anda dapat menginstal paket webserver antara lain WAMPP atau XAMPP

Untuk WAMPP anda dapat mengunduhnya langsung di website resminya disini : DOWNLOAD

Untuk XAMPP anda dapat mengunduhnya langsung di website resminya disini : DOWNLOAD

Contoh sederhana pemakaian bahasa PHP yang disisipkan dalam halaman HTML :

<html>
     <head><title>Eample</title></head>
     <body>
          <?php
               echo "Ini script PHP pertamaku !";
          ?>
     </body>
<html>

Ketikan script di atas pada notepad lalu simpan pada ditektori contoh c:\apache\htdocs (tergantung direktori yang anda gunakan saat mangsintal apache) yang terpenting anda harus menyimpannya pada folder htdocs, jangan lupa simpan dengan ekstensi .PHP.

Setelah itu buka web browser. Pada addres bar, tuliskan http://localhost/nama_file.php. contoh : http://localhost/php01.php.

Baca juga : Operator Aritmetika di PHP

Sejarah serta contoh singkat PHP sekarang sudah selesai, baca juga tutorial program PHP lainnya.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

1 komentar

  1. ternyata php itu gak serumit yang dibayangkan ya asal mau mmulai belajar ..

    ReplyDelete

:) :) :-) :-) :)) :)) =)) =)) :( :( :-( :-( :(( :(( :d :d :-d :-d @-) @-) :p :p :o :o :>) :>) (o) (o) [-( [-( :-? :-? (p) (p) :-s :-s (m) (m) 8-) 8-) :-t :-t :-b :-b b-( b-( :-# :-# =p~ =p~ :-$ :-$ (b) (b) (f) (f) x-) x-) (k) (k) (h) (h) (c) (c) cheer cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0