Membuat Game Dengan Game Maker Indiana Jones - Sebelumnya kita sudah pernah membuat game mouse action dan animasi, kali ini kita akan belajar membuat games platform. ini adalah game dasar dari game adventure atau petualangan, dalam game kali ini kita akan membuat sesuatu yang berbeda kita akan membuat game dengan 2 buah room jadi dengan kata lain akan ada 2 level yang berbeda.
Baca juga : Membuat Game Dengan Game Maker Feed the fish
A. Membuat Sprites
Buatlah empat buah sprites dengan cara klik Resources -> Create Sprites. buatlah seperti gambar di bawah ini :
Property :
1. spr_wall
Name : spr_wall
Width : 32
Height : 32
X : 0, Y : 0
2. Guy_L
Name : guy_L
Width : 32
Height : 32
X : 0, Y : 0
3. Guy_R
Name : guy_R
Width : 32
Height : 32
X : 0, Y : 0
4. Spr_hart
Name : spr_hart
Width : 32
Height : 32
X : 0, Y : 0
Anda dapat mengambil gambar - gambar diatas dengan cara Klik Resources -> create Sprites -> Load -> Sprite. cari diektori game maker anda, biasanya berada pada lokasi User -> app data -> Game maker. jika di dalam komputer saya ada di sini : C:\Users\Jin Toples\AppData\Roaming\GameMaker\Sprites.
di komputer anda akan berbeda akan tetapi buasnya berada dalam folder User yang ada di C.
B. Membuat Objek
Buatlah tiga buah objek seperti di atas. untuk obj_wall centang pada bagian Solid
Property :
1. obj_wall
Name : obj_wall
Sprite : spr_wall
2. harta
Name : harta
Sprite : spr_hart
3. obj_guy
Name : obj_guy
Sprite : guy_R
C. Memberikan Event
Berikan event pada obj_guy. ini adalah bagian yang paling penting, akan ada banyak event yang akan di tambahkan disini jadi ikuti langkah - langkahnya dengan seksama jangan sampai ada yang salah atau terlewat.
1. Tambahkan event Step kemudian tambahkan Action :
- Check Collison
Applies to : Self
X : 0
Y : 0
Objects : Only Solid
Centang pada bagian Relative
- Set Gravity
Applies to : Self
direction : 270
gravity : 0
- Tambahkan Action Else ( Lihat pada gambar di atas )
- Set Gravity
Applies To : Self
Direction : 270
graity : 5
Jangan sampai urutan pada Action tertukar atau tidak ber urutan perhatika gambar di atas.
2. Tambahkan event Collison -> Obj_wall kemudian tambahkan action :
- Move to contact
Applies : Self
Direction : direction
Maximum : speed
agints : solid objects
- Speed Vertical
Applies to : self
vert. speed : 0
3. Tambahkan event Collison -> Harata kemudaian tambahkan action :
- End Game
4.Tambahkan event Keyboard -> Left kemudian tambahkan action :
- Change Sprite
Applies to : Self
sprite : guy_L
subimage : 0
speed : 1
- Check Empty
Applies to : self
X : -4
Y : 0
objects : Only solid
centang pada bagian Relative
- Jump to position
Applies to : self
X : -4
Y : 0
Centang pada bagian Relative
5.Tambahkan event Keyboard -> Right kemudian tambahkan action :
- Change Sprite
Applies to : Self
sprite : guy_R
subimage : 0
speed : 1
- Check Empty
Applies to : self
X : 4
Y : 0
objects : Only solid
centang pada bagian Relative
- Jump to position
Applies to : self
X : 4
Y : 0
Centang pada bagian Relative
6. Tambahkan event Other -> Outside Room kemudian tambahkan action :
- Next Room
7. Tambahkan event Key Press -> Up kemudian tambahkan action :
- Check Collison
Applies to : self
X : 0
Y : 1
Objects : Solid
Centang pada bagian Relative
- Speed Vertical
Applies to : Self
vert. Speed : -40
D. Membuat Room
Buatlah dua buah room dengan tampilan seperti gambar di bawah :
![]() |
Room 0 |
![]() |
Room 1 |
Sekarang anda coba jalankan game anda dengan cara tekan tombol pada ketboard F5. maka hasilnya akan seperti gambar di awal.
*Notes game ini di buat dan di test denggan menggunakan Game Maker Lite 8.0 Full Version
Game Dengan Game Maker Indiana Jones anda sekarang sudah selesai, baca juga tutorial membuat game dengan game maker lainnya.
*Notes game ini di buat dan di test denggan menggunakan Game Maker Lite 8.0 Full Version
Game Dengan Game Maker Indiana Jones anda sekarang sudah selesai, baca juga tutorial membuat game dengan game maker lainnya.
Game Makernya Versi brp nih gan?
ReplyDeleteVersi 8 bukan? :-d
Gan, kok ga bisa jalan ya? :-(
ReplyDeletecuma bisa loncat" aja :((
ijin copas :>)
ReplyDelete