Tutorial Belajar Pemrograman, membuat game, membuat aplikasi, membuat program, android, game maker, yii, php, CSS, HTML, java, javascript, codeigniter, jquery, Pascal, c++

Saturday, March 24, 2012

Macam - Macam Resource Pada Game Maker

Macam - Macam Resource Pada Game Maker - Sebelumnya penulis sudah pernah menulis tentang artikel bagai mana cara membuat game dengan game maker 2D maupun 3D. Mungkin sebagian besar dari pembaca belum mengetahui apa itu game maker dan hal apa saja yang terdapat dalam game maker.


Baca juga : Membuat Game 3D Dengan Game Maker

Pengertian Game Maker

Game maker adalah salah satu game engine yang bisa membantu anda menjadi penggembang game komputer tanpa menggunakan coding yang banyak. dengan game maker anda dapat membuat game 2D, 3D atau multiplayer. anda juga mempunyai hak penuh terhadap game yang anda buat.

Bagian - Bagian Game Maker

Di dalam game maker terdapat baberapa resource yang anda dapat gunakan untuk membuat sebuah Game dalam game maker.

Bagian - Bagian Game Maker
  • Sprites
  • Sound
  • Backgrouds
  • Pahts
  • Scripts
  • Fonts
  • Time Lines
  • Objects
  • Rooms
  • Game Option 
  • Game Information

Sprite 

Sprite adalah gambar dari semua objek dalam game. Sprite bisa terdiri dari satu gambar saja atau lebih dari satu gambar sehingga terlihat seperti gerakan animasi. Sebagai contoh, empat gambar sprite berikut untuk membentuk karakter yang sedang berjalan.


Sprites

Sound

Dengan sound kita dapat menyertakan suara latar atau efek suara sehingga game terasa lebih hidup. dalam game maker sudah terdapat bebrapa efek usara yang telah di sediakan, conotoh penggunaanya aldalah :

Klik Menu Resources > Create Sound > Load Sound. Anda dapat mengetesnya dengan menekan tombol berwarna hijau.


Sound

Backgroud

Backgroud adalah gambar besar yang digunakan untuk latar belakang sebuah game yang berlangsung. anda dapat memodifikasi latar belakang dengan flash sehingga terlihat bergerak


Backgrounds


Phats

Phats adalah lintasan yang diikuti oleh suatu objel dalam game. dengan pahts kita dapat menentukan kearah mana sebuah objek bergerak seperti pergerakan musuh dalam game


Pahts


Script

Script dalam game maker tidak terlalu banyak hanya beberapa baris kode program. terdapat dua cara membuat program, yaitu dengan cara drag-and-drop, dan cara membuat script program. Script merupakan koleksi dari fungsi-fungsi statement program yang dapat kita jalankan dari berbagai obyek, atau berbagai script kode.

Script

Font

Font digunakan untuk menambahkan font yang akan di gunakan dalam game. font biasanya digunakan dengan fungsi text drawing.


Font


Time Lines


Dengan time lines kita dapat memberikan waktu pada suatu objek dalam melakukan sebuah event atau acion pada game dengan waktu yang sudah ditentukan.

Time Lines


Object

Objek merupakan hal terpenting dalam Game. objek merupakan benda hidup yang bertindak dalam permainan. Sebuah objek diberikan pergerakan melalui event yang harus direaksi oleh game, dan bagaimana seharusnya bereaksi. Sebuah objek biasanya diwakili oleh sebuah sprite.

Kejadian yang dapat dilakuakn oleh obyek misalnya kejadian input (keyboard, joystick, mouse), peristiwa tabrakan (tabrakan dengan objek lain), alarm kejadian (timer) dan beberapa jenis kejadian lainnya. Ketika sebuah kejadian terjadi, sejumlah tindakan akan diambil. Tindakan ini dipilih dari daftar tindakan. Tindakan bisa merupakan gerakan, penciptaan objek lain, memainkan suara, mengubah sprite,dll. Ini merupakan benda yang "menyusun" permainan.



Object


Event

Event adalah pergerakan yang dilakukan oleh suatu objek apabila terjadi suatu peristiwa pada objek tersebut. seperti : Benturan, input keyboard, pergerakan mouse, Dll.


Event



Room 

Room adalah ruangan dimana game berjalan danjuga sebagai tempat untuk suatu objek untuk di letakan atau tempat suatu objek untuk bergerak. kita dapat membuat banyak room sehingga terdapat rintangan yang berbeda pada setiap game pada masing - masing roomnya. room dapat dihubungkan dengan room lain sehinnga suatu objek dapat berpindah - pindah.


Room

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

3 komentar

  1. search aja di youtube atau sama mba' google..

    ReplyDelete
  2. dsni aj byak cntoh gamenya,,
    http://jintoples.blogspot.com/search/label/Game%20Maker
    :-)

    ReplyDelete

:) :) :-) :-) :)) :)) =)) =)) :( :( :-( :-( :(( :(( :d :d :-d :-d @-) @-) :p :p :o :o :>) :>) (o) (o) [-( [-( :-? :-? (p) (p) :-s :-s (m) (m) 8-) 8-) :-t :-t :-b :-b b-( b-( :-# :-# =p~ =p~ :-$ :-$ (b) (b) (f) (f) x-) x-) (k) (k) (h) (h) (c) (c) cheer cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0