Macam - Macam Resource Pada Game Maker - Sebelumnya penulis sudah pernah menulis tentang artikel bagai mana cara membuat game dengan game maker 2D maupun 3D. Mungkin sebagian besar dari pembaca belum mengetahui apa itu game maker dan hal apa saja yang terdapat dalam game maker.
Baca juga : Membuat Game 3D Dengan Game Maker
Pengertian Game Maker
Game maker adalah salah satu game engine yang bisa membantu anda menjadi penggembang game komputer tanpa menggunakan coding yang banyak. dengan game maker anda dapat membuat game 2D, 3D atau multiplayer. anda juga mempunyai hak penuh terhadap game yang anda buat.
Bagian - Bagian Game Maker
Di dalam game maker terdapat baberapa resource yang anda dapat gunakan untuk membuat sebuah Game dalam game maker.Sprite
Sprite adalah gambar dari semua objek dalam game. Sprite bisa terdiri dari satu gambar saja atau lebih dari satu gambar sehingga terlihat seperti gerakan animasi. Sebagai contoh, empat gambar sprite berikut untuk membentuk karakter yang sedang berjalan.Sound
Dengan sound kita dapat menyertakan suara latar atau efek suara sehingga game terasa lebih hidup. dalam game maker sudah terdapat bebrapa efek usara yang telah di sediakan, conotoh penggunaanya aldalah :Klik Menu Resources > Create Sound > Load Sound. Anda dapat mengetesnya dengan menekan tombol berwarna hijau.
Backgroud
Backgroud adalah gambar besar yang digunakan untuk latar belakang sebuah game yang berlangsung. anda dapat memodifikasi latar belakang dengan flash sehingga terlihat bergerakPhats
Phats adalah lintasan yang diikuti oleh suatu objel dalam game. dengan pahts kita dapat menentukan kearah mana sebuah objek bergerak seperti pergerakan musuh dalam gameScript
Script dalam game maker tidak terlalu banyak hanya beberapa baris kode program. terdapat dua cara membuat program, yaitu dengan cara drag-and-drop, dan cara membuat script program. Script merupakan koleksi dari fungsi-fungsi statement program yang dapat kita jalankan dari berbagai obyek, atau berbagai script kode.
Font
Font digunakan untuk menambahkan font yang akan di gunakan dalam game. font biasanya digunakan dengan fungsi text drawing.Time Lines
Dengan time lines kita dapat memberikan waktu pada suatu objek dalam melakukan sebuah event atau acion pada game dengan waktu yang sudah ditentukan.
Object
Objek merupakan hal terpenting dalam Game. objek merupakan benda hidup yang bertindak dalam permainan. Sebuah objek diberikan pergerakan melalui event yang harus direaksi oleh game, dan bagaimana seharusnya bereaksi. Sebuah objek biasanya diwakili oleh sebuah sprite.
Kejadian yang dapat dilakuakn oleh obyek misalnya kejadian input (keyboard, joystick, mouse), peristiwa tabrakan (tabrakan dengan objek lain), alarm kejadian (timer) dan beberapa jenis kejadian lainnya. Ketika sebuah kejadian terjadi, sejumlah tindakan akan diambil. Tindakan ini dipilih dari daftar tindakan. Tindakan bisa merupakan gerakan, penciptaan objek lain, memainkan suara, mengubah sprite,dll. Ini merupakan benda yang "menyusun" permainan.
trus gmana cara buat a?
ReplyDeletesearch aja di youtube atau sama mba' google..
ReplyDeletedsni aj byak cntoh gamenya,,
ReplyDeletehttp://jintoples.blogspot.com/search/label/Game%20Maker
:-)