Tutorial Belajar Pemrograman Pascal, java, android, CSS, HTML, php, javascript, c++, visual basic, ajax, jquery, game maker, yii framework, dll

Thursday, March 22, 2012

Sebelumnya kita sudah pernah membuat game yang berbasis 2D kali ini kita akan membuat game berbasis 3D. sebenarnya caranya tidak terlalu jauh berbeda dengan yang 2D namun akan ada penambahan script 3D pada script code gamenya. anda dapat memodifikasi game ini hingga mungkin anda dpat menyaingi game 3D yang sudah tekenal lainya. untuk membuat game 3D ini langkah - langkahnya yaitu :

Sprites

Buatlah dua buah Sprites dengan nama spr_wall  dan spr_player, ubah ukuran spr_wall menjadi, Weight : 16 dan Height : 16. ubah juga ukuran spr_player menjadi, Width : 20 dan Height : 20.


Backgrounds

Buatlah sebuah backgrouds dengan nama tex_block atur ukurannya menjadi, Height : 128 dan Weight : 128.

Object

Buatlah tiga buah object dengan nama char, obi_wall dan p3d, jangan berikan terlebih dahulu event pada masing - masing object. pada object Char pilih sprite spr_player dan pada object obi_wall pilih spr_wall   centang pada bagian solid sedangkan p3d tidak perlu di beri sprite dan pada depth ubah menjadi 100.


Event 
A. Char

1. Pilih Add Event > Step > Execute Code. kemudian isi dengan script berikut ini :





Klik Ok.

2. Pilih Add Event > Collison > obi_wall > Execute Code, isi dengan script berikut lalu klik Ok :

move_contact_solid(direction, 12);
vspeed=0


3. Pilih Add Event > Keyboard > left > Check Empty dan Jump To Position. lihat propertinya pada gambar dibwah :


4. Pilih Add Event > Keyboard > right > Check Empty dan Jump To Position. lakukan hal yang sama sperti di atas, akan tetapi ubah nilai X dari -4 menjadi 4.

5. Pilih Add Event > Keyboard > Up > Check Collison dan Check Vertical. ubah propertinya seperti gambar di bawah :


6. Pilih Add Event > Other > Outside Room > Display Message dan Jump To Start Posotion. Ubah isi message sesuka anda.


7. Pilih Add Event > Other > Room Start > Execute Code. isi dengan script berikut :

d3d_start();


8. Pilih Add Event > Other > Room End > Execute Code. isi dengan script berikut :

d3d_end();


B. Obi_Wall

1. Pilih  Add Event > Draw > Execute Code. isi dengan code berikut :

d3d_draw_block(x,y,32,x+16,y+16,-32,tex_block,1,4)


C. p3d

1. Pilih Addd Event > Draw > Execute Code. isi dengan code berikut :





Room

Langkah terakhir adalah membuat room, buatlah room sesuai dengan kreasi anda masing - masing tetapi ingat anda harus meletakan objek p3d pada bagian atas pada room agar room tidak terbalik gambarnya.



Maka sekarang anda tinggal menjalankanya dengan cara klik Run.
Kembangkanlah game ini mungkin anda suatu saat nanti bisa menjadi pembuat game terkenal.

*Notes game ini di buat dan di test dengan menggunakan Game Maker Lite 8.1 Full Version

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

17 komentar

  1. kok error trus
    yg char add event>Step>Execute code
    if place_free(x,y+1) then{gravity=0,5}
    ngak bisa trus ERROR

    ReplyDelete
  2. bro...ini ditambahin karakter nya dong

    ReplyDelete
  3. cara ngubah weight sama heigt gimana

    ReplyDelete
  4. ah platformer bukan fps

    ReplyDelete
  5. kok eror terus yang
    add event>Step>Execute code
    if place_free(x,y+1) then{gravity=0,5}

    ReplyDelete
  6. wah gan padahal saya tes lagi tadi bisa gan,,,
    coba cek kembali mungkin ada kesalahan,,,
    pada step A.Char ada yang terlewat mungkin di step 4,,,
    lakukan hal yang sama seperti step 3,,,
    coa saya sedikit lakukan perubahan di step C.p3d,,,
    kemudian jangan sampai ada kesalahan dalam penamaan karakter dan sprites,,,
    untuk roomnya coba letakan si player di atas atau melayang jangan di darat agar gravitasinya bejalan,,,

    ReplyDelete
  7. coba pake yang gamemaker 8.1 pro,
    kalo pake yang lite gw ga tau

    ReplyDelete
  8. kita juga punya nih jurnal mengenai macromedia flash, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5159/1/11108867%20-%20Jurnal%20Skripsi.pdf

    ReplyDelete
  9. bisa ko gan, klo ga bisa, coba cek dulu versi game maker mu. Klo game maker versi 8.1 lite, gak bakalan bisa. Terus, nama objeknya jangan diubah2. klo diubah2 bisa error(sebut aje gw 'logician')

    ReplyDelete
  10. Gimana sih cara bikin width ama heightnya jadi 16 dan 20 semua :-s (m)

    ReplyDelete
  11. gan bukannya even char code step itu ini
    if place_free(x,y+1){gravity_direction=270 gravity=1}else{gravity=0}//ini adalah gravitasi
    if keyboard_check(ord("D")) && place_free(x+4,y){x+=4}//membuat pemain berjalan kekanan
    if keyboard_check(ord("A")) && place_free(x-4,y){x-=4}
    if keyboard_check(ord("W")) && lompat=false{vspeed=-15 lompat=true}

    ReplyDelete
  12. ini pake konsep dimensi yang bagaimana ya? 3d??

    ReplyDelete
  13. konsep dimensi gmn gan ksudnya,,,
    :-?

    ReplyDelete

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0