Tutorial Belajar Pemrograman, membuat game, membuat aplikasi, membuat program, android, game maker, yii, php, CSS, HTML, java, javascript, codeigniter, jquery, Pascal, c++

Tuesday, January 1, 2013

Membuat Game Dengan Game Maker Slender Man

Membuat Game Dengan Game Maker Slender Man - Kali ini kita akan membuat game yang menggunakan mouse atau pointer untuk kontrolnya, game ini saya dapat dari grup sebelah akan tetapi saya sudah ubah beberapa halnya. game ini menggambarkan pointer sebagai senter, jika anda pernah bermain Slender Man anda pasti sudah tidak asing lagi, atau juga senter ini bisa di jadikan sebagai sasaran atau kekeran dalam game menembak yang mungkin anda akan buat.

Baca juga : Membuat Game Dengan Game Maker Storm Rain

A. Membuat Sprites

Buatlah tiga buah sprites dengan cara Klik Resources -> Create Sprite, pertama sebagai tombol masuk, kedua sebagai latar belakang dan terakhir sebagai tombol keluar, sebgai contoh lihat di bawah :

Membuat Sprites

Property :

1. Spr_slender

Name : spr_slender
width : tergantung gambar yang anda gunakan
height : tergantung gambar yang anda gunakan
Orign : X = 0 Y = 0

2. Spr_play

Name : spr_play
width : tergantung tombol yang anda gunakan
height : tergantung tombol yang anda gunakan
Origin : X = 0 Y = 0

3. Spr_troll

Name : spr_troll
Width, height : Tergantung ukuran gambar yang anda gunakan
Origin : Center

B. Membuat Objek

Buatlah objek dengan cara klik Resources -> Create Object.

Membuat Objek game

Property :

1. Senter

Name : senter
Sprite : -

2. Play

Name : play
Sprite : spr_play

3. Object4

Name : object4
Sprite : spr_slnder

4. Obj_troll

Name : obj_troll
Sprite : spr_troll

C. Menambahkan Event

Tambahkan event pada masing - masing object :

1. Senter

Event game

- Tambahkan event Create kemudian berikan action code dengan script :

Light=surface_create(room_width,room_height)

- Tambahkan event Step kemudian berikan action code dengan script :

surface_set_target(Light)
draw_set_alpha(0.97)
draw_set_color(c_black)
depth=-999
draw_rectangle(0,0,room_width,room_height,0)
draw_set_blend_mode(bm_subtract)
draw_set_alpha(0.75)
draw_set_color(c_white)

draw_circle(mouse_x,mouse_y,60,0) 
draw_set_alpha(0.35)

draw_circle(mouse_x,mouse_y,90,0)
draw_set_blend_mode(bm_normal)
surface_reset_target()

- Tambahkan event Room End  berikan action code dengan script :


surface_free(Light);
draw_set_alpha(1)

- Tambahkan event Draw kemudian berikan action Code dengan script :


draw_surface(Light,0,0)
draw_set_halign(fa_center);
draw_text(room_width/2,64,"Cari Gambar Troll dan Klik Untuk Keluar");

2. Play

Pointer game

- Tambahkan event Mouse - Left Button kemudian tambahkan action Next Room
- Tambahkan event Mouse - Right Button kemudian tambahkan action Next Room

3. Objek4

Untuk objek4 kita tidak perlu menambahkan event apa - apa karna ia hanya akan menjadi latar belakang.

4. Obj_troll

Obejct troll

- Tambahkan event Mouse - Left Button berikan action End Game
- Tambahkan event Mouse - Right Button berikan action End Game


D. Membuat Room

Buatlah dua buah room dengan cara klik Resources - Create Room, dengan properti seperti gambar di bawah ini :

1. Room 0

Room menu


2. Room 1

Room game


Coba anda jalankan dengancara tekan F5 pada keyboard anda maka hasilnya akan seperti gambar di awal. untuk keluar game ada tinggal mencari gambar troll dan klik maka anda akan keluar game dengan sendirinya.

*Notes game ini di buat dan di test denggan menggunakan Game Maker Lite 8.0 Full Version

Game Dengan Game Maker Slender Man anda sekarang sudah selesai, baca juga tutorial membuat game dengan game maker lainnya.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

0 komentar

:) :) :-) :-) :)) :)) =)) =)) :( :( :-( :-( :(( :(( :d :d :-d :-d @-) @-) :p :p :o :o :>) :>) (o) (o) [-( [-( :-? :-? (p) (p) :-s :-s (m) (m) 8-) 8-) :-t :-t :-b :-b b-( b-( :-# :-# =p~ =p~ :-$ :-$ (b) (b) (f) (f) x-) x-) (k) (k) (h) (h) (c) (c) cheer cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0