Tutorial Belajar Pemrograman, membuat game, membuat aplikasi, membuat program, android, game maker, yii, php, CSS, HTML, java, javascript, codeigniter, jquery, Pascal, c++

Wednesday, January 23, 2013

Siklus Activity Aplikasi Android

Siklus Activity Aplikasi Android - Sebelumnya saya sudah menjelaskan pegertian siklus activity yaitu activity aplikasi android dikelola dengan sistem yang di kenal dengan activity stack. maka kali ini kita akan membahasnya lebih mendalam lagi mengenai siklus activity dalam aplikasi android. Jika anda melihat bambar flowchart di atas secara umum dapat kita jelaskan bahwa looping (perulangan) yang mungkin dialami oleh activity ada tiga perulangan yaitu :


  1. Entrie lifetime yaitu activity yang terjadi mulai dari onCreate() sampai dengan onDestroy(). biasanya activity ini akan di buat setup global ketika mendefiniskannya.
  2. visible lifetime yaitu activity yang terjadi mulai dari onCreate() sampai dengan onStop()
  3. foreground lifetime yaitu activity yang terjadi di antara onResume() dan onPause()
Sehingga siantaks superclass dari gambar dia atas adalah sebagai berikut :

public class Actvity extends ApplicationContext{
 protected void onCreate(Bundle savedInstanceState);
 protected void onStart();
 protected void onRestart();
 protected void onResume();
 protected void onPause();
 protected void onStop();
 protected void onDestroy();
 
}

Penjelasnnya anda dapat lihat di tabel ini :

Method
Description
Killable
Next
onCreate()
Ketika sebuah activity di buat pada method inilah kita melakukan insialisasi seperti create view, list data, dll.
Method onCreate() selalu di ikuti oleh onStart()
N
onStart()
onRestart()
Ketika sebuah activity dihentikan, dan merupakan prioritas untuk memanggil activity itu kembali, method ini selalu diikut oleh onStart()
N
onStart()
onStart()
Ketika sebuah activity dianggil sebelum diperlihatkan ke user, method ini diikuti oleh onResume() atau onStop()
N
onResume()
atau
onStop()
onResume()
Ketika sebuah activity start/mulai melakukan interaksi dengan user, pada saat ini activity berada pada posisi teratas dari activity stack yang mana user akan melakukan input. Selalu diikuti oleh onPause()
N
onPause()
onPause()
Ketika sebuah activity lainnya di panggil atau di mulai, method ini digunakan ketika data tidak harus disimpan kedalam system secara pemanen, method ini diikuti oleh onResume() atau onStop()
Y
onResume() or onStop()
onStop()
Ketka sebuah activity tidak lagi dibutuhkan atau tidak terlihat lagi oleh user, method ini diikuti oleh onRestart() atau onDestroy()
Y
onRestart() atau onDestroy
onDestroy()
Ketika sebuah activity secara permanent tidak lagi dibutuhkan (activity dihancurkan), dapat juga dilakukan dengan fungsi finish() atau isFinishing()
Y



killable di sini maksudnya adalah apakah kemungkinan bagi sistem untuk mematikan proses host activity atau tidak.

Sebagai catatan, activity yang secara teknis killable adalah N bisa saja dimatikan secara otomatis oleh sistem apabila terjadi low memmory. hal ini terjadi karna terlalu banyaknya proses yang berjalan di dalam memory maka proses tersebuh akan secara paksa dimatikan.
Sumber :  Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan tablet PC Berbasic Android Penerbit Informatika, Bandung, 2012 By : Nazruddin Safaat.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

0 komentar

:) :) :-) :-) :)) :)) =)) =)) :( :( :-( :-( :(( :(( :d :d :-d :-d @-) @-) :p :p :o :o :>) :>) (o) (o) [-( [-( :-? :-? (p) (p) :-s :-s (m) (m) 8-) 8-) :-t :-t :-b :-b b-( b-( :-# :-# =p~ =p~ :-$ :-$ (b) (b) (f) (f) x-) x-) (k) (k) (h) (h) (c) (c) cheer cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0