Tutorial Belajar Pemrograman, membuat game, membuat aplikasi, membuat program, android, game maker, yii, php, CSS, HTML, java, javascript, codeigniter, jquery, Pascal, c++

Wednesday, January 16, 2013

Komponen User Interface Aplikasi Android

Komponen User Interface Aplikasi Android - Sebelum kita membuat aplikasi android pertama kita terlebih dahulu mengenal komponen  - komponen yang ada pada aplikasi andoid. secara umum Arsitektur user interface pada aplikasi android meliputi Activity dan user interface yang terdiri dari komponen. Semua yang berhubungan dengan user interface pada aplikasi android biasanya berada pada lokasi res/layout/filename.xml. di mana coding java untuk memanggilnya.

Baca juga :  Komponen Android Manifest

Komponen - komponenya adalah sebagai berikut :

1. <ViewGroup>

ini adalah kumpulan view di mana kita dapat menentukan tata ketak komponen view secara berbeda, seperi LinearLayout, RelativeLayout, FrameLayout, serta Tabulasi. Atribut dari ViewGroup ini biasanya terdiri dari :

a. android : id

resource id, yang berisi variabel unik dari element tersebut

b. android : layout_haight

dimensi valuenya (height) yang diikutinya dengan opsi "fill_parent" atau "wrap_content".

c. android : layout_width

diemensi valueya (width) yang diikutinya dengan opsi "fill_parent" atau "wrap_content"

2. <View>

Sama seperti <ViewGroup> tetapi <View> lebih di kenal degan "individual UI comonent", attributnya juga minimal teridi dari tiga yang sama persis dengan yang dimiliki oleh <ViewGroup> di atas.

3. <requestFocus>

Element kosng yang bisa kita definisikan di dalam <view>

4. <include>

Memasukan file layout ke dalam layout. Attributnya sama dengan <ViewGroup> dan <View> tetapi ada satu tamahan atribut yaitu <resources> yang berfungsi untuk menentukan file layoutnya.

Begitulah penjelasan singkat dari saya mengenai komponen komponen yang ada pada aplikasi android, ini adalah langkah pengenalan awal sebelum kita membuat aplikasi android user interface nanti.

Sumber :  Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan tablet PC Berbasic Android Penerbit Informatika, Bandung, 2012 By : Nazruddin Safaat.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

2 komentar

  1. nambah info baru gan :)
    btw blognya enteng banget gan mantaab deh :D
    hehe

    ReplyDelete
  2. makasih gan,,,
    eheheeheheh
    sering" dateng,,,

    ReplyDelete

:) :) :-) :-) :)) :)) =)) =)) :( :( :-( :-( :(( :(( :d :d :-d :-d @-) @-) :p :p :o :o :>) :>) (o) (o) [-( [-( :-? :-? (p) (p) :-s :-s (m) (m) 8-) 8-) :-t :-t :-b :-b b-( b-( :-# :-# =p~ =p~ :-$ :-$ (b) (b) (f) (f) x-) x-) (k) (k) (h) (h) (c) (c) cheer cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0