Tutorial Belajar Pemrograman, membuat game, membuat aplikasi, membuat program, android, game maker, yii, php, CSS, HTML, java, javascript, codeigniter, jquery, Pascal, c++

Tuesday, January 22, 2013

Konsep Activity Aplikasi Android

Activity merupakan public class dalam aplikasi android. setiap activity merupakan sesuatu yanng unik atau single, yang di tujukan untuk menghandle macam-macam hal yang biasa dilakukan oleh user. umumnya, activity berhubungan dengan user dimana activity menciptaka windows atau user interface yag mana di tampilkan dengan concepts setContentView(view). ada 2 method yang pasti dimiliki oleh satu activity yaitu :
  1. onCreate untuk menginisasi suatu activity, biasanya di panggil dengan perintah setContentView(int) untuk resource yang kita definisikan di layout UI, dan perintah findViewById(int) untuk memanggil widget yang dibtuhkan UI untuk berinteraksi dengan aplikasi.
  2. onPause untuk menyatakan ketika user meninggalkan suatu activity.

Untuk pengguna dengan Context.startActivity(), semua kelasi activity harus sesuai dengan <activity> yang dideklarasikan dalam suatu paket di AndroidManifest.xml. Activity adalah bagian penting dari keseluruhan siklus aplikasi, bagaimana activity dijalankan merupakan bagian penting dari model aplikasi.

Siklus Activity

Activity aplikasi android dikelola dengan sistem yang di kenal dengan activity stack. ketika suatu activity start, activity diletakan pada stack yang paling atas dan activity-activity yang sudah jalan berada di bawahnya dan akan terus berada pada posisi atas stack sampai muncul activity yang baru.

Pada dasarnya activity memiliki empat keadaan, yaitu :
  1. active/running, jika activity berada pada posisi atas stack
  2. pause, jika activity tidak dipakai atau dibutuhkan pada suatu saat tertetu, tetapi activty itu masih ada atau visible, ketika activity baru yang ditangani oleh siste activity yag lama di sebut pause dan masih berada di memory, bisa jadi suatu activity yang sudah keadaan pause tidak ada di memori yang kemungkinan disebabkan oleh keterbatasan memory.
  3. stopped, jika activity sudah tidak di pakai dan digantikan oleh activity lain, activity yang sudah stopped tidak akan pernah di panggil lagi, dan secara permanen memory pun tidak menyimpan info mengenai activity ini.
  4. restart, jika activity pause atau stopped, sistem dapat menge-drop activity ini dari sistem memory, dan ketika user membutuhkan activity tersebut, activity akan kembali ke keadaan awal, artinya activity tersebut mengalami proses restart.
Sampai disini dulu penjelasan saya mengenai activity aplikasi android, selanjutnya kita akan mengenal siklus dari activity tersebut.

Baca juga : Siklus Activity Aplikasi Android


Sumber :  Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan tablet PC Berbasic Android Penerbit Informatika, Bandung, 2012 By : Nazruddin Safaat.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

0 komentar

:) :) :-) :-) :)) :)) =)) =)) :( :( :-( :-( :(( :(( :d :d :-d :-d @-) @-) :p :p :o :o :>) :>) (o) (o) [-( [-( :-? :-? (p) (p) :-s :-s (m) (m) 8-) 8-) :-t :-t :-b :-b b-( b-( :-# :-# =p~ =p~ :-$ :-$ (b) (b) (f) (f) x-) x-) (k) (k) (h) (h) (c) (c) cheer cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0