Tutorial Belajar Pemrograman, membuat game, membuat aplikasi, membuat program, android, game maker, yii, php, CSS, HTML, java, javascript, codeigniter, jquery, Pascal, c++

Sunday, January 27, 2013

Konsep Aplikasi Android Dengan Kumpulan Widgets

Konsep Aplikasi Android Dengan Kumpulan Widgets - Kumpulan widgets yang memiliki struktur tersendiri - sendiri biasanya disebut dengan contrainers. jika kita berkerja dalam sebuah tampilan dimana terdapat beberapa widget kita harus menentukan layout yang digunakan. seperti kebanyakan GUI yang memiliki layout management untuk menampilkan containers, seperti layout BoxLayout di Java/Swing, Aplikasi Android juga memiliki beberapa layout management yaitu sebagai berikut :

A. Linear

Penggunaanya mirip dengan model box dari Java/Swing, yaitu menampilkan widgets atau containers dalam posisi baris atau colom, satu per satu. konfigurasi LinearLayout mempunyai 5 contents yaitu :
Orientation, Fill Model, Weight, Gravity, dan Padding.

1. Orientation

Orientation mengindikasikan layout ditampilkan berdasarkan baris atau kolom.

2. Fill Model

Fill Model adalah bentuk tampilan element/widgets terhadap space yang tersedia. terdiri dari tiga pilihan, yaitu :

- Spesific dimension, seperti 125px untuk mengisi widgets tampilan di 125pixel.
- Wrap_Content, widgets akan mengisi posisi dengan konsep natural space.
- Fill_parent, widgets akan mengisi posisi yang tersedia.

3. Weight

Weight mengatur settingan untuk android.layout_width(untuk baris) dan android.layout_height(untuk kolom).

4. Gravity

Gravity secara default pada tampilan dengan LinearLayout adalah "Left and top aligned". jika kita menginginkan tampilan yang berbeda kita isa mengatur gravity sesuai kebutuhan. Nilai - nilai gravity adalah left, center_horizontal, right for left-aligned, centered, dan right-aligned.

5.Padding

Padding memiliki empat nilai standard yaitu paddingLeft, paddingRight, paddingTop, dan paddingBottom. Berikut gambar yang menjelas posisi padding dari sebuah widgets.

Sumber :  Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan tablet PC Berbasic Android Penerbit Informatika, Bandung, 2012 By : Nazruddin Safaat.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

1 komentar

:) :) :-) :-) :)) :)) =)) =)) :( :( :-( :-( :(( :(( :d :d :-d :-d @-) @-) :p :p :o :o :>) :>) (o) (o) [-( [-( :-? :-? (p) (p) :-s :-s (m) (m) 8-) 8-) :-t :-t :-b :-b b-( b-( :-# :-# =p~ =p~ :-$ :-$ (b) (b) (f) (f) x-) x-) (k) (k) (h) (h) (c) (c) cheer cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0